Kategori
Artkel serba serbi Tugas Sekolah

Kim Il Sung

bernama asli kim song ju atau lebih dikenal oleh rakyat korea utara dengan nama kim il sung, salah satu diktator korea uta yang sangat  kejam, sebelum menjadi diktator korea utara Kim il Sung mengalami penderitaan karena kependudukan Jepang  di korea utara, kim dan keluarganya pun mengungsi ke Machuaria tahun 1925.

kemudian kim bergabubg dengan partai komunis lalu kim mengubah namanya yang diambil dari nama geriliawan yang melawan jepang.

di tahun 1945 JEpang menyerah,  kemudian korea terpecah menjadi 2 bagian yakni korea utara didukung oleh negara digdaya Amerika dan korea selatan yang didukung oleh Uni Soviet Sekarang Rusia dan juga dipegang Kim. Kim mengerahkan kekuatan dengan mengerahkan kekutana militer untuk mrnyatukan ke 2 korea, penyatuan sebenarnya berhasil, namun upaya penyatuan menyebabkan perang korea,

PBB (persatuan bangsa bangsa )yang dipimpin Amerika mengajukan kim il sung menjadi pemimpin korea utara dan menguasai partai komunis,. diperang antar korea kim diselamatkan China.

setelah berakhirnya genjatan senjata antara korea, kim membunuh lawan-lawan politiknya yang berada di partai oposisi, setelah berhasil menjadi pemimpin korea utara kim memaksa rakyatnya untuk bekerja dipabrik – pabrik pemerintah dan lahan lahan pemerintah tanpa digaji,
kim juga memerintah rakyatnya untuk memenuhi negara dengan patungnya dan foto-fotonya, lalu kim menyebut dirinya sendiri sebagai “ great leader ” (Pimpinan besar)

sepeninggal kim, jabatanya sebagai pemimpin negara digantikan oleh anak laki lakinya KIM JONG IL, setelah mengantikan ayahnya KIM JONG langsung mengambil alih kekuasan dan menutup semua akses ke korea utara meski menyebabkan kelaparan. dia juga mengembangkan senjata Nuklir, sama seperti ayahnya kim jong juga mengagungkan namanya sendiri dengan sebutan ” dear leader”  (pimpinan yang disayangi)

 

 

terinspirasi dari BUKU ” 41 DIKTATOR DI ZAMAN MODERN ” EMIDEVI Y.G ALEJANDRO

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *